Kamis, 20 Oktober 2011

Bagaimana Belajar Yang Baik di Kelas

1. Buat komitmen untuk belajar sungguh-sungguh pada hari itu. Bahwa kita datang ke sekolah bukan untuk main-main tapi mempunyai tujuan supaya kita mendapat Ilmu/pengetahuan.  Ilmu  tidak bisa dapatkan dengan cara bermain-main. Harus fokus/serius.
2.Usahakan untuk tidak duduk di belakang karena kalau dibelakang biasanya banyak gangguan karena tidak terlihat oleh guru dan juga suara guru tidak begitu jelas. Kalau kamu di belakang katakan dengan sopan kepada guru untuk diadakan rolling tempat duduk setiap dua minggu, karena itu merupakan hak saudara juga untuk duduk di tempat yang bagus.
3. Sewaktu guru menerangkan kamu harus serius mendengarkan dan melihat semua yang diterangkan agar kita bisa mengerti keseluruhan apa yang dimaksud oleh guru. Jika kamu tidak mengerti tanyakan saja pada gurunya dengan sopan yaitu dengan mengangkat tangan tanda kita mau bertanyal. Jangan sungkan, kalau kamu sungkan akan rugi sendiri, padahal kamu sudah membayar uang sekolah.
4. Setiap Pekerjan rumah (PR) harus dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh karena tujuan dari pada pekerjaan rumah diberikan adalah untuk meningkatkan pemahaman/pengertian/analisa kamu terhadap suatu mata pelajaran. Pada tingkat yang paling tinggi kamu bisa menghubungkannya dengan pelajaran2 lain, atau masalah2 lain di dalam kehidupan. Misalnya hubungan matematika dengan pembangunan sebuah gedung yang bertingkat. Kalau tidak dikerjakan dengan hitungan yang tepat maka gedung itu akan roboh dan mengakibatkan banyak kerugian termasuk kehilangan nyawa orang-orang yang ada di dalam gedung itu.
5. Kalau ada diskusi diikuti dengan baik, pikirkan apa yang menjadi topik diskusi dan berikan jawaban atas diskusi tersebut menurut kamu.
6. Jangan malu untuk bertanya jika kamu ada pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran di kelas.
7. Pelajaran hari ini jangan lupa diulang dibaca di rumah sampai dimengerti dengan baik.
Selamat belajar, apa yang kamu lakukan sekarang akan berdampak di kemudian hari. Kamu mau jadi apa nantinya ditentukan dari sikap belajarmu sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar